Navigation: Blog Siswa Indonesia



Liputan Sekolah

Potensi Siswa harus dikembangkan

27-05-2015 12:16:12 oleh teguhfirman1
0 komentar

Seorang guru dan siswa seperti halnya petani dengan tanamannya. Seorang petani tidak bisa memaksa agar tanamannya cepat tumbuh dengan menarik batang atau daunnya. Tanaman itu akan berbuah manakala ia memiliki potensi untuk berbuah serta telah sampai pada waktunya untuk berbuah.



Pentingnya Nge-BLOG Bagi Para Pelajar

25-05-2015 12:14:08 oleh teguhfirman1
2 komentar

Berbicara tentang ngeblog tentunya banyak sekali manfaatnya bagi diri kita sendiri apalagi dikalangan pelajar ini. Dengan ngeblog kita bisa belajar tentang membuat sebuah tulisan yang kreatif, ide-ide kita menjadi luas dan tak lupa wawasan kita bisa bertambah. Ngeblog bagian dari pencegahan penggunaan Internet yang tidak baik pada kalangan pelajar.
Namun, jarang sekali yang saya temukan di desaku. Saya mempunyai seorang teman, dia suka menghabiskan waktu dan selalu menyisihkan uang jajannya untuk berpergian ke warnet. Tapi yang saya lihat bukanlah sebuah pandangan yang baik, ternyata dia menghabiskan dan menyisihkan uang jajannya hanya untuk permainan game online. Siang, sore dan malam dia selalu ada diwarnet, dia sampai lupa waktu belajar, kewajiban dia sebagai umat islam dan membantu kedua orangtuanya. Kadang-kadang dia bolos sekolah, padahal dari rumah sudah bermpamitan kepada kedua orangtua untuk kesekolah tapi dia malah berbohong dan memilih untuk pergi ke warnet daripada menuntut ilmu.
Apa pentingnya ngeblog bagi para pelajar?
Blog adalah sebuah layanan yang ada didunia maya yang berinteraksi melalui tulisan. Dengan adanya layanan ini pelajar bisa menambahkan pengalaman dan bakat dalam tulisanyang dihasilkan dari pemikiran sendiri, selain itu ngeblog sangat menyenangkan dan sangat asik. Memang pada saat pertama kali kita belajar ngeblog itu sangat menjenuhkan tapi jadikanlah itu sebuah tantangan ibarat sebuah orang yang sedang belajar sepeda, pertama belajar dia jatuh dari sepedannya lalu dia bangkit dan ada semangat untuk bisa dan akhirnya dia bisa.
Lalu apa manfaatnya ngeblog bagi para pelajar?
Manfaat ngeblog itu banyak sekali karena dalam blog ini kita bisa menuaskan apa yang ada dalam pikiran kita yang bisa dibilang blog ini sebagai buku catatan. Jadi bisa saja ngeblog sebagai sarana melatih keterampilan menulis. Menulis itu sanagatlah penting, mungkin sekarang belum merasa keterampilan menulis itu perlu dilatih karena tidak ada tugas-tugas, proposal, paper, skripsi, resensi, dan lain-lain. Namun suatu saat nanti, kamu pasti ketemu sama yang namanya hal-hal tersebut. Jadi yakinlah, kalau keterampilan menulis itu sangat penting dan suatu saat pasti diperlukan! Dengan aktif ngeblog, keterampilan itu bakal terasah sedikit demi sedikit, terus menjadi bukit. selain itu dengan ngeblog, kita bisa tahu apa sebenarnya bakat kita, apa sebenarnya misi kita, tujuan, dan kemampuan kita yang sebenar-benarnya. Disamping itu blog juga bisa menghasilkan uang, mendapatkan teman dan berbagi pengalaman bisa juga berkarya.
Dengan ngeblog kita bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti melatih dalam keterampilan menulis, berbagi, berkarya, mendapatkan teman, mendapatkan uang dan juga mendapatkan sebuah wawasan.
Sudah tahukan bahwa ngeblog itu penting apalagi bagi para pelajar, sudah saatnya para pelajar mengetahui betapa banyaknya sekali manfaat ngeblog itu. Jadi tunggu apalagi kalau bukan sekarang, kita mulai belajar dan mengenal. Dalam belajar tak kenal umur dan tak kenal siapa dia.



Tips menjadi ketua Osis yang Oke

24-05-2015 12:11:02 oleh teguhfirman1
0 komentar

Tips Jadi Ketua Osis yang yang Oke (Baik)

1. Pantaskan dirimu jadi orang Cerdas, ketua osis merupaka panutan bagi para siswa yang lain, sisi kecerdasannya akan sangat berpengaruh dalam memimpin organisasi. Cerdas disini tentu dalam berbagai hal, seperti cerdas memimpin rapat, cerdas berkomunikasi, cerdas membagi tugas dan lain sebagainya. Nah, untuk menjadikan dirimu cerdas hal wajib yang harus kamu lakukan adalah baca buku, baca berita, ikut kegiatan seminar, ikut kelompok diskusi, bergaulan dengan orang yang lebih dewasa dan jangan malu bertanya (Kaya widi inih), sederhana kan?

 

 

2. Jaga Akhlak mu Nak, karena ketua osis adalah pemimpin maka sudah sepatutnya menjaga akhlak, agar terlihat berwibawa dan memiliki kharisma. Cara menjaga akhlak adalah dengan membatasi pergaulan dengan lawan jenis, bersikap sepantasnya (tidak lebay) dan hati-hati dalam berucap. Kalau yang beragama Islam kalau akhlakmu mau terjaga rajin-rajinlah ikut kajian dan bergaulah dengan orang soleh.

3. Jadi Teladan, ini paling wajib bagi pemimpin atau ketua osis. kamu jangan ikut-ikutan kayak anggota dewan kalau rapat banting-banting bangku dan menjada. Ketua osis dan seluruh pengurusnya wajib menjadi teladan bagi warga sekolah. Saya yakin anda bisa.

4. Perbaiki cara bicaramu di depan public,  Kehebatan para pemimpin biasanya pandai berbicara atau beretorika (Public Speakingnya bagus), nah biar kamu lebih pantas dan pede jadi ketua osis saat berbicara didepan forum, selayaknya kamu perbaiki cara bicaramu, dengan cara apa? teruslah berlatih dalam setiap kesempatan seperti membawakan acara rapat, jadi MC upacara, Kultum dan alangkah baiknya kami bisa ikut Public Speaking (Nah kalau ini kamu bisa undang saya he…he..)

5. Cerdas menggunakan Teknologi , nah karena sekarang zamannya era digital kalau kamu ketua osis maka kamu jangan ikut-ikutan bikin status lebay di media sosial, karena buat saya status di media sosial merupakan cerminan gambaran nyata dalam kehidupan. jadi kalau kamu ketua osis terus di Medsos ststusnya Ngeluh, ngumpet, dl. wah apa bedanya kamu dengan yang lain, bikinlah status yang menggunggah. Kalau kamu gak percaya silakan cek status media sosial adakah keluhan atau mengumpat orang lain.

6. Bikin Program yang Oke mas Bro… (Kreatif dan Inovatif), kalau kamu gak bisa bikin program osis yang oke atau kamu hanya jadi menjadi pengikut ketua osis terdahulu, lebih baik kamu mundur aja jadi ketua osis. Ketua osis itu harus punya gagasan dan ide kreatif, buatlah program-program yang bermanfaat biar kamu, para siswa dan sekolahmu lebih maju. Program apa tuh pak? pikiran aja sendiri.

7. Komunikasi yang baik, ini penting bagi kamu sebagai ketua osis, kamu harus pandai berkomunikasi dengan semua pihak seperti dengan kepsek, pembina, guru, siswa pengurus yang lain dan juga partner organisasi diluar sekolah kamu.

Tips enam dulu aja yah, soalnya saya mau rapat nih. He..he….

Tips Jadi Ketua Osis yang bertanggung Jawab :

1. Disiplin, kamu harus jadi orang yang paling disiplin disekolahmu, seperti cara berpaiakanmu, mengerjakan tugas, datang rapat dan juga kamu harus datang lebih awal kalau mengadekan sesuatu. bahasa saya kamu harus menghilangkan istilah On Time (datang tepat waktu) diganti dengan In Time (Datang sebelum waktunya.

2. Istiqomah (Konsisten), Apa yang kamu katakan harus sesuai dengan apa yang kamu lakukan, kalau rapat undangan jam 8 dimulai maka kamu harus memulainya jam 8. Kalau kamu udah buat program ya harus kamu jalankan. Itu baru ketua osis yang oke dan bertanggung jawab.

3. Jalan program yang kamu buat dengan sebaiknya-baiknya, kalau kamu udah buat program konsekuensinya ya kamu harus jalankan, itu baru nkamu bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu buat.

4. Pemberi Solusi, jadi ketua osis jangan banyak ngeluh dengan kendala-kendala organisasi, justru kamu harus jadi orang yang memberikan solusi dalam masalah-masalah yang organisasi kamu hadapi.

Nah, sekalian dulu teh Widi Tips dari saya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan tulisan masih banyak yang salah, karena saya harus membagi waktu yang lain, semoga kedepan akan saya tambah dan perbaiki. Semoga bermanfaat..

Jika sekolahmu ingin ngundang saya, silakan telepon aja…..



Video Profile Konferensi Nasional Guru Blogger [KNGB UNAIR]

19-04-2015 18:19:10 oleh teguhfirman1
0 komentar

Silahkan menikmati karya besar Universitas Airlangga

http://bimbingankonseling.guru-indonesia.net/artikel_detail-63766.html



Perwakilan SMP YMIK Jakarta Barat menghadiri Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015 bersama Indosat

16-03-2015 21:26:08 oleh 4764
0 komentar

[Jakarta,15 Maret 2015]

Perwakilan SMP YMIK untuk menghadiri Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015

Pada tanggal 15 Maret 2015, Perwakilan SMP YMIK, Teguh Firman S menghadiri acara Kopdar Guru Nge-blog Nasional 2015 di Gedung Indosat,Jakarta Pusat.
Pelaksanaan Kopdar Guru Blogger Nasional diadakan dalam rangka HUT Komunitas Sejuta Guru Nge-Blog yang setahun.Jumlah peserta yang mengikuti 350 orang lebih dari berbagai forum komunitas blogger se-Indonesia.Semoga dapat terjalin silahturahmi antar sesama blogger...


http://bimbingankonseling.guru-indonesia.net/

www.sejutaguru.wordpress.com/



Perwakilan SMK YMIK Jakarta datang untuk menghadiri Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015

16-03-2015 21:23:22 oleh 4764
0 komentar

[Jakarta,15 Maret 2015]

Perwakilan SMK YMIK Jakarta datang untuk menghadiri Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015

Pada acara yang sama,Perwakilan SMK YMIK, Habib Imam Maulid menghadiri acara Kopdar Guru Nge-blog Nasional 2015 di Gedung Indosat,Jakarta Pusat.
Pelaksanaan Kopdar Guru Blogger ini diikuti sebanyak 350 orang forum komunitas blogger Se-Indonesia.

Semoga dengan diadakan kegiatan ini, Jalan silahturahmi dan kebersamaan bisa terus terjaga...



Foto Bersama Ibu Puji Windriyani Selaku Bendahara Pengurus Ikatan Profesi Guru Indonesia dalam rangka acara "Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015 bersama INDOSAT"

16-03-2015 21:18:52 oleh 4764
0 komentar

[Jakarta], 15 Maret 2015
Alhamdulilah, saya tidak hanya ditemani sendiri dengan teman saya, tapi dengan Bu Puji Windriyani dari Smpn 10 Tangerang Selatan selaku Bendahara Pengurus Ikatan Profesi Guru Indonesia, Terima Kasih Ibu dan Terus Menginspirasi dan berkarya untuk anak bangsa.



Peringati Hari Musik Nasional [ 9 Maret,2015 ]

13-03-2015 13:05:49 oleh 4764
0 komentar

 

[Jakarta], 9 Maret 2015

Peringatan Hari Musik Nasional

Kita memiliki cara mengenang dan menghormati tokoh dengan pembuatan hari-hari peringatan. Semula, Megawati Soekarnoputri (2003) merestui peringatan Hari Musik Nasional (HMN) diadakan setiap 9 Maret, mengacu tanggal kelahiran W.R. Soepratman (9 Maret 1903). Restu itu dilanjutkan SBY melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Sekarang, kita memiliki ekspresi untuk memperingati HMN, mengacu ke ingatan sejarah atau kemauan memuliakan musik di Indonesia.

Kita ingin mengurusi ketokohan W.R. Soepratman (1903-1938) dalam peringatan HMN. Pencipta lagu itu tak sempat menjadi saksi dari lantunan lagu Indonesia Raja, setelah pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945. Indonesia Raja itu ekspresi melagukan Indonesia, sejak 1928. Sukarno bersama para pemimpin pergerakan kebangsaan menganjurkan lagu Indonesia Raja dikumandangkan di gedung pertemuan, sekolah, dan lapangan demi capaian kemerdekaan Indonesia (B. Sularto, 1993). Pada masa 1930-an, lagu ini semakin menjadi ekspresi politik melawan kolonial.

Kebermaknaan lagu Indonesia Raja mendapat pengakuan secara politik, estetika, dan kultural. J.A. Dungga dan L. Manik dalam buku berjudul Musik di Indonesia dan Beberapa Persoalannja (1952) menjelaskan bahwa “lagu kebangsaan kita Indonesia Raja adalah getaran djiwa bangsa Indonesia seluruhnja, tjiptaan bangsa Indonesia bersama.” Peran W.R. Soepratman membuktikan bahwa kerja bermusik sanggup membesarkan ide-imajinasi Indonesia. W.R. Soepratman cenderung sebagai “seorang petjinta tanah air-nasionalis” ketimbang “penjair-komponis.” Sejak masa 1940-an, perbincangan tentang W.R. Soepratman dan Indonesia Raja berlangsung seru, melibatkan pendapat-pendapat Sukarno, Muhammad Yamin, Cornel Simandjuntak, Kusbini, Ibu Soed, dan Ki Hadjar Dewantara.

Selama puluhan tahun, kita selalu melantunkan Indonesia Raja dalam pelbagai acara. Warisan itu awet. Lagu menjadi penjelasan kemauan mencapai dan memaknai kemerdekaan. Lagu menggenapi agenda mencipta Indonesia dengan bahasa, senjata, busana, novel, puisi, partai politik, dan doa. W.R. Soepratman menjadi simbol ikhtiar melagukan Indonesia. Kita mengakui bahwa lagu memungkinkan pelipatgandaan imajinasi dan semangat di kalangan pergerakan kebangsaan. Lagu pun menjadi momok bagi kolonial. Lagu merdu mengalahkan suara-suara peluru dan bentakan-bentakan para pejabat kolonial. Lagu perlahan menjadi dalih bagi penguasa untuk menekan dan menghukum kaum pergerakan kebangsaan.

Oerip Kasansengari dalam buku berjudul Sedjarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raja (1967) memberi pujian: “Musik jang digubah Soepratman memang penuh irama keindahan dan alam Indonesia.” Lagu Indonesia Raja mengejawantahkan “kesadaran nasional jang kuat dan abadi.” Penghormatan diberikan pemerintah dengan meresmikan Indonesia Raja sebagai lagu kebangsaan Indonesia, dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raja Warisan W.R. Soepratman—yang semakin menguatkan kemauan mengartikan Indonesia, dari masa ke masa.

Sekarang, kita terus mengenang W.R. Soepratman dan melagukan Indonesia Raja. Kita berharap lagu terus dilantunkan oleh presiden, menteri, polisi, hakim, legislator, dan seniman agar Indonesia tak selalu menjadi “orkes sumbang” akibat lakon-lakon korupsi, kriminalisasi, pembajakan lagu, dan pembegalan. *

Info Selengkapnya di :
www.smp-ymik.org



INFORMASI SEPUTAR UJIAN NASIONAL 2014/2015 SD,SMP,SMA/K,MTS/MI/MA

13-03-2015 12:57:18 oleh 4764
1 komentar

 

 



Bersama Pramuka Memajukan Bangsa....

14-02-2015 19:51:47 oleh 4764
0 komentar

http://www.siswa-indonesia.net/admin/galeri/f7944_FOTOBARENGKWARCABJAKARTABARAT.jpg

GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 08.037 - 08.038

PANGKALAN SMP YMIK JAKARTA BARAT

AMBALAN SUTAN TAKDIR ALISJABANA & CUT NYAK DIEN

http://bimbingankonseling.guru-indonesia.net




1 2 3 4 5 6 7 8 9